Sekilas Tentang Kurikulum 2013

Kurikulum memang suatu hal yang urgen  bagi sekolah. Karena hal ini terkait penyampaian kompetensi yang harus di kuasai oleh siswa. Belum lagi metode dalam pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran tersebut.

Sebagaimana kita ketahui bersama kurikulum di Indonesia sudah berkali-kali berganti "wajah", mulai dari CBSA sampai yang terakhir KTSP. Kementerian Pendidikan dalam hal ini sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah Indonesia, sebagai penentu kebijakan, tentu tahu bagaimana kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk ini. Dengan berbagai latar belakang, mulai dari suku sampai agama tentu melahirkan berbagai masalah kaitannya dengan pendidikan.

Kurikulum 2013 lahir sebagai metamorfosa dari kurikulum sebelumnya yakni KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum 2013 di gadang-gadang mampu dan pas sebagai kurikulum yang mampu menjawab segala permasalahan di atas serta memberikan kontribusi yang baik bagi siswa.

Sedikit gambaran tentang kurikulum 2013, kurikulum ini terintegrasi dengan  beberapa mata pelajaran. Artinya, beberapa mata pelajaran di ajarkan dalam satu pembelajaran dengan menggunakan tema sebagai jargonnya.

Pembelajaran di dalamnya tidak melulu siswa mendengar guru menjelaskan, akan tetapi siswa dituntut untuk aktif berperan serta agar pembelajaran menjadi "hidup".

Agar lebih jelas apa dan bagaimana kurikulum 2013 itu, anda dapat mendownload file dibawah ini. Dalam file tersebut dijelaskan secara rinci tentang Kurikulum 2013.

Kurikulum KD (Kompetensi Dasar) 2013 Download di sini!
Dokumen Kurikulum 2013 Download di sini!

Sekian sekilas tentang Kurikulum 2013, Semoga bermanfaat. Jangan lupa tulis koment.

Terima Kasih.

Post a Comment

0 Comments