Penampilan Tari Kretek dari MI NU Baitul Mukminin dalam Jamran Kwaran Jati Tahun 2016

MINUBM - Tari merupakan budaya khas yang sangat kental terikat dengan kearifan lokal. Budaya yang satu ini memang banyak digemari utamanya oleh kaum hawa. Lenggak-lenggok gerak tubuh yang menyesuaikan alunan musik tradisional, dengan sesekali diiringi vokal khas kedaerahan menjadikan tari memiliki keindahan tersendiri dalam setiap penampilannya.

Salah satu tari daerah yang cukup masyhur utamanya bagi masyarakat Kabupaten Kudus adalah Tari Kretek. Tarian ini sesuai dengan namanya yang yakni "kretek" yang sama dengan julukan Kota Kudus sebagai Kota Kretek. Konon tarian ini muncul bersamaan dengan adanya peresmian Museum Kretek yang berada di Desa Getas Pejaten. Tarian ini menunjukkan bagaimana proses pembuatan rokok kretek, mulai dari pemilihan tembakau, proses pembuatan rokok hingga menjadi rokok yang utuh. 

Demi melestarikan budaya, MI NU Baitul Mukminin dalam kesempatan Jambore Ranting Kwaran Jati menampilkan Tari Kretek. Tarian ini ditampilkan oleh 4 orang murid-murid kelas 6 (enam) yakni; Nida, Putri Riskia, Putri dan Devi. Adalah Ibu Anies Noor Jannah, S.Pd. yang menggembleng mereka dalam setiap latihan.

Berikut adalah video penampilan Tari Kretek oleh MI NU Baitul Mukminin.

Selamat Menyaksikan!!!


Post a Comment

0 Comments